Koleksi Hiasan Rumah yang Ramah Biaya dan Mudah Didapatkan

Koleksi Hiasan Rumah yang Ramah Biaya dan Mudah Didapatkan

Sebuah rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk berteduh saja, namun penghuninya juga harus merasa nyaman tinggal di dalamnya. Salah satu hal yang dapat membuat rumah menjadi semakin nyaman adalah adanya berbagai macam dekorasi, sehingga rumah terkesan elegan dan enak untuk dipandang.

Salah satu unsur untuk membuat dekorasi rumah adalah hiasan rumah baik yang tertempel pada dinding ataupun diletakkan di sudut ruangan. Berikut akan disajikan beberapa hiasan rumah yang mudah didapat dan ramah biaya alias tidak mengganggu budget bulanan Anda. Anda hanya perlu berkreasi dan menyalurkan kreativitas yang dimiliki dengan membuat berbagai macam hiasan rumah ini.

Beberapa pilihan berikut ini dapat Anda coba untuk membuat rumah menjadi lebih menarik.

1. Hiasan dinding dari kertas bekas

Salah satu hiasan untuk menambah keunikan dekorasi rumah tanpa biaya yang mahal adalah dengan memanfaatkan kertas bekas. Kertas yang digunakan bisa berupa kertas koran, majalah atau poster bekas, kertas dari zaman sekolah dulu atau hasil kerja yang tidak terpakai. Selanjutnya, kertas tersebut dapat dipotong atau dilipat membentuk pola-pola tertentu seperti bentuk bunga, kupu-kupu, burung dan sebagainya untuk ditempel pada dinding Anda. Kertas yang terdiri dari banyak warna dan tulisan tersebut justru menambah keunikan dan memiliki nilai seni tersendiri. Selain itu, kertas bekas tersebut dapat Anda bentuk dan dipotong menjadi sebuah huruf atau kata tertentu dengan ukuran besar yang masih dapat terbaca, lalu ditempel pada dinding. Keren dan artistik bukan?

2. Pot gantung

Teras depan rumah dapat dibuat lebih menarik dan terkesan natural dengan adanya pot tanaman hias yang diubah menjadi pot gantung. Anda tidak perlu khawatir akan biayanya, semua itu dapat dibeli dengan harga terjangkau di toko tanaman atau pasar tradisional sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pot tersebut juga dapat Anda hias sendiri dengan melukisnya agar lebih berwarna.

3. Hiasan bunga dari bahan bekas

Meletakkan vas bunga di meja atau sudut rumah dapat menambah kesegaran dan kenyamanan rumah. Tidak perlu membeli bunga yang mahal, Anda dapat memanfaatkan barang bekas seperti sedotan yang tidak terpakai ataupun kertas bekas untuk membuat berbagai macam bunga. Selain itu, Anda juga dapat membuat bunga dari kain flanel yang termasuk bahan ramah biaya untuk membuat kreasi hiasan rumah.

4. Lukisan berjejer sebagai hiasan dinding

Jika Anda memiliki beberapa lukisan, Anda dapat membuatnya menjadi hiasan dinding yang ditempel pada beberapa sudut ruangan misalnya dinding dekat anak tangga. Bagi Anda yang hobi melukis atau mungkin anak Anda gemar menggambar, hal ini menjadi keuntungan tersendiri dan dapat dimanfaatkan menjadi hiasan pada dinding. Selain itu, hal tersebut dapat menjadi bentuk apresiasi terhadap karya keluarga.

5. Hiasan dinding dari Compact Disk (CD) bekas dan tutup botol bekas

Anda memiliki CD atau tutup botol bekas banyak di rumah? Anda dapat menggunakan CD atau tutup botol bekas tersebut untuk dibentuk menjadi pola tertentu kemudian ditempel sebagai hiasan dinding rumah Anda.

6. Kreasi bingkai foto pada dinding

Setiap rumah biasanya memiliki berbagai macam foto anggota keluarga yang terpajang rapi dalam pigura. Anda dapat menatanya menjadi hiasan rumah yang unik. Caranya dengan menatanya menjadi bentuk tertentu, dibuat tema tertentu seperti hitam putih atau monokrom, bisa juga Anda buat jam dinding besar dengan menata 12 pigura foto menyerupai bentuk jam dinding.

7. Piring-piring unik sebagai kreasi hiasan rumah

Punya piring-piring kecil yang antik? Anda dapat menempelnya pada dinding dengan menatanya menjadi bentuk pola tertentu. Jangan lupa gunakan lem khusus agar piring tidak mudah jatuh.

8. Hiasan dinding dari telenan

Telenan untuk memasak semakin populer menjadi hiasan rumah dengan dilukis lalu digantung pada dinding. Anda dapat melukis telenan dengan gambar unik atau quote-quote yang memberikan motivasi dan semangat.

Itulah beberapa hiasan dinding yang dapat meramaikan dekorasi rumah Anda dan membuatnya menjadi rumah idaman. Selamat mencoba untuk berkreasi dan semoga berhasil!

Artikel Populer