Kontrakan Petakan: Saatnya Mengambil Peluang Usaha Properti yang Relatif Murah

Kontrakan Petakan: Saatnya Mengambil Peluang Usaha Properti yang Relatif Murah

Salah satu jenis bisnis atau investasi yang dianggap paling menguntungkan dan selalu dibutuhkan setiap tahunnya adalah bisnis properti. Anda tidak harus membayangkan bahwa bisnis properti itu harus berupa hunian mewah atau apartemen.

Peluang usaha properti yang relatif lebih murah dan tetap menguntungkan yaitu kontrakan petakan. Usaha kontrakan ini tergolong usaha yang memiliki peluang bagus dan tidak ada matinya. Mengingat nilai tanah semakin naik setiap tahunnya dan kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin bertambah. Usaha ini cocok bagi Anda para pensiunan yang memiliki tabungan dan tetap menerima gaji tetap setiap bulannya atau siapa pun Anda yang memiliki modal untuk membangun kontrakan petakan.

Ketika berbicara mengenai modal, maka biasanya orang akan berpikir bahwa modal yang dibutuhkan sangat besar. Modal untuk membangun usaha properti mungkin memang lebih banyak daripada usaha lainnya, namun bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkannya.

Apalagi jika melihat keuntungan dan peluang usaha ini, maka Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis tersebut. Anda bisa menjalankan sendiri usaha kontrakan dengan membangun rumah kontrakan petakan tersebut atau ikut investasi dengan menanamkan modal Anda pada usaha kontrakan petakan tersebut. Beberapa keuntungan dari usaha kontrakan petakan ini antara lain:

1. Minat masyarakat akan kontrakan masih tinggi dan meningkat setiap tahunnya

Kontrakan masih menjadi hunian yang banyak diminati oleh masyarakat terutama yang sedang merantau karena bekerja atau menempuh pendidikan tertentu. Harga apartemen yang mahal membuat kontrakan petakan menjadi alternatif pilihan mereka. Apalagi jika memiliki kontrakan serasa memiliki rumah kecil sendiri. Hal tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

2. Perawatan bisa dibebankan kepada si penyewa kontrakan

Jika Anda bertindak sebagai pemilik kontrakan, Anda tidak harus bingung dalam memelihara kontrakan. Anda dapat membuat perjanjian dengan si penyewa kontrakan bahwa perawatan kontrakan dibebankan kepada si penyewa.

3. Adanya capital gain yang menguntungkan

Jika Anda sebagai investor yang menanamkan modal pada usaha kontrakan ini, maka Anda dapat menikmati capital gain atau keuntungan dari modal yang ditanamkan dengan cepat dan lebih besar.

4. Adanya penghasilan tetap setiap tahun

Anda bisa bersantai di rumah dan tidak perlu bekerja berat setiap harinya jika memiliki kontrakan. Anda hanya perlu menerima biaya sewa kontrakan dari semua pelanggan setiap tahunnya. Penghasilan tetap yang didapat ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda atau sebagai modal untuk bisnis sampingan.

5. Kontrakan juga dapat digunakan sebagai agunan untuk pembiayaan tertentu

Kontrakan juga dapat dijadikan sebagai agunan untuk pinjaman atau pembiayaan tertentu. Bahkan kontrakan dianggap lebih menguntungkan hasilnya daripada tanah.

Bagi Anda yang ingin terjun pada usaha kontrakan petakan ini, berikut terdapat beberapa tips untuk memulainya:

1. Cara mendapatkan modal

Jika Anda sudah memiliki tabungan maka itu nilai plus tersendiri bagi Anda, atau jika Anda sudah memiliki rumah kosong yang akan disewakan maka hanya perlu merenovasi atau membersihkan saja. Namun, jika Anda ingin membangun dari awal maka Anda dapat meminjam modal dari bank, atau melalui sanak saudara terdekat dengan menawarkannya sebagai investasi bagi mereka.

2. Memilih lokasi yang tepat

Beruntung bagi Anda yang memiliki rumah untuk disewakan dan berada di sekitar area industri atau institusi tertentu. Jika ingin membangun dari awal, pilih lokasi strategis yang berada pada kawasan industri atau kampus, karena bisa lebih mendatangkan banyak penyewa.

3. Kelola keuangan dengan baik

Anda harus melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan harga sewa kontrakan yang tepat. Setelah itu, tetapkan tarif yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Meskipun Anda akan mendapatkan penghasilan yang pasti setiap tahunnya, jangan hamburkan uang dengan mudah dan tetap kelola keuangan dengan baik termasuk biaya pemeliharaan kontrakan.

Setelah mengetahui keuntungan dan tips terkait pengelolaan usaha kontrakan ini, apakah Anda semakin tertarik untuk memulai usaha ini? Hal lain yang perlu diperhatikan setelah memiliki kontrakan adalah harus selektif dalam memilih penyewa dan menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Selamat berbisnis!

Artikel Populer