Baru Pindah ke Jogja? Kenali Budaya di Jogja Supaya Mudah Beradaptasi

Baru Pindah ke Jogja? Kenali Budaya di Jogja Supaya Mudah Beradaptasi

Siapa yang tidak mengenal Kota Yogyakarta. Kota yang sering disebut dengan Kota Jogja ini merupakan salah satu kota terbesar dan teristimewa di Pulau Jawa. Jogja mendapat julukan sebagai kota pelajar karena di kota ini banyak sekali terdapat Universitas ternama yang sudah terakreditasi.

Apakah Anda termasuk orang yang sedang mencari kontrakan Jogja yang nyaman untuk tinggal?

Perlu Anda tahu, di Jogja ini hampir semua kontrakan yang tersedia sudah sangat nyaman. Selain itu, banyak pula beberapa jenis kontrakan Jogja yang disediakan di sini, mulai dari kontrakan mahasiswa, pekerja, hingga kontrakan umum. Harganya pun relatif terjangkau dan disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan.

Jogja merupakan salah satu kota istimewa yang kaya akan adat dan budayanya. Jadi wajib bagi setiap warga Jogja dan pendatang harus mengetahui tentang setiap adat dan budaya yang berlaku di sini. Terutama bagi mereka yang sedang mencari sebuah kontrakan Jogja untuk ditinggali, baik sementara ataupun untuk jangka waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru pindah ke Jogja dan sedang mencari kontrakan di sini. Ada baiknya jika Anda harus mengenal beberapa budaya Jogja agar Anda mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, terutama dengan tetangga kontrakan Anda nantinya.

Inilah Budaya di Jogja Yang Harus di Ketahui Pendatang Saat Sebelum Mencari Kontrakan Jogja

Suatu terjalinnya hubungan yang baik antara orang yang satu dengan yang lain itu bergantung dengan komunikasi yang terbentuk. Dengan adanya suatu komunikasi yang baik pula, adaptasi lingkungan baru akan terbentuk dengan mudah, cepat, dam lancar. Berikut ini beberapa cara mengenali budaya Jogja untuk mudah beradaptasi di lingkungan kontrakan Jogja, antara lain:

1. Bertingkah laku baik dan bersikap ramah

Masyarakat Jogja sangat terkenal dengan keramah-tamahannya yang sangat luar biasa. Hampir semua orang Jogja memiliki manner atau sikap yang baik dan ramah. Meskipun demikian sebagai pendatang yang baru pindah ke Jogja, Anda pun harus pandai-pandailah menjaga sikap.

Janganlah langsung mengambil kesimpulan bahwa kedatangan Anda akan langsung diterima lingkungan sekitar saat Anda mulai mengontrak nantinya. Karena kembali lagi bahwa sikap dan mood setiap orang di lingkungan kita itu tidaklah sama.

Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga sikap dan mulailah untuk menyapa dan bersikap ramah. Dengan demikian maka mereka pun akan ramah terhadap Anda, meskipun Anda merupakan pendatang baru di Jogja. Kecanggungan dalam bekomunikasi antara Anda dengan lingkungan baru di Jogja pastilah ada. Namun, hal tersebut masih bisa diatasi dengan mudah. Caranya yaitu dengan memulai tegur sapa dan memberikan senyuman yang ramah.

2. Kenali adat yang berlaku

Tidak hanya kaya akan budaya, Jogja pun sangat terkenal dengan adat istiadatnya yang begitu melekat. Hal inilah yang membuat Jogja menjadi salah satu kota teristimewa. Saat Anda sudah berencana untuk mengontrak di Jogja, maka Anda pun perlu tahu tentang adat yang berlaku di kota ini. Masyarakat Jogja sangat menjaga kesopanannya dalam berbicara dan berbusana.

Jadi, bagi setiap pendatang baru Jogja haruslah mengikuti adat istiadat tersebut. Untuk menghormati lingkungan kontrakan Jogja yang nantinya Anda tempati maka ada baiknya Anda harus berbusana dengan sopan. Selain itu, Anda pun harus menjaga tutur kata yang Anda gunakan. Dengan demikian maka Anda pun akan dihormati oleh orang-orang di lingkungan baru Anda di Jogja.

Jika Anda berasal dari sebuah kota yang berbeda, maka akan lebih baik jika Anda meminimalisir penggunaan kebiasaan Anda tersebut. Sebenarnya tidak ada larangan untuk menggunakan kebiasaan Anda dalam menggunakan bahasa atau cara berperilaku Anda di sini.

Namun, demi berjalannya suatu adaptasi dan komunikasi lingkungan yang baik, Anda pun harus menghormati lingkungan baru Anda. Karena dalam setiap tempat, daerah, dan kota memiliki adat yang berbeda, jadi Anda tidak bisa seenaknya menggunakan kebiasaan lama Anda di tempat baru yang Anda tempati.

3. Fleksibel

Beradaptasi dengan lingkungan baru di kontrakan Jogja memanglah gampang-gampang susah. Masyarakat Jogja terkenal memiliki budaya sikap yang fleksibel. Jadi, saat Anda sudah mulai memutuskan untuk mengontrak dan tinggal di Jogja, Anda pun harus tahu bagaimana cara berperilaku fleksibel. Meskipun berada di sebuah lingkungan yang baru Anda dituntut dapat berperan fleksibel dimana pun Anda berada.

Saat Anda berada di Jogja, akan lebih baik jika Anda dapat beradaptasi dan berperan secara fleksibel dimana pun dan ke mana pun Anda pergi. Baik di lingkungan kontrakan, kantor, maupun lainnya. Usahakanlah untuk tetap menjaga sikap Anda untuk membentuk suatu adaptasi yang baik.

4. Keingintahuan (rasa ingin tahu)

Jika seseorang mendatangi suatu lingkungan yang baru pastilah akan canggung dan bingung dengan keadaan sekitar. Saat Anda sudah memutuskan untuk pindah dan mendapatkan kontrakan di Jogja, maka akan sangat bagus bila Anda pun mulai mengetahui tentang informasi sekitar. Sudah wajar bila setiap pendatang baru masih sangat awam dengan situasi dan informasi di sekelilingnya. Untuk itu, jangan malu untuk bertanya dengan masyarakat di lingkungan sekitar Anda.

Mempunyai sifat keingintahuan yang tinggi sangatlah bagus, terutama bagi Anda yang baru menempati sebuah lingkungan baru. Untuk Anda yang belum mengetahui tentang adat atau budaya di Jogja, maka Anda bisa bertanya dengan orang-orang di sekitar Anda. Jangan malu untuk bertanya karena hal itu malah justru akan menyesatkan Anda.

Demikianlah beberapa budaya Jogja yang perlu Anda ketahui untuk menjalin suatu adaptasi dan komunikasi lingkungan yang baik. Mendapatkan kontrakan Jogja sangatlah mudah, yang perlu diperhatikan di sini ialah bagaimana cara beradaptasi yang baik dengan masyarakat dan lingkungan Jogja. Kenali lebih jauh budaya-budaya di atas supaya Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan saat sudah mulai pindah dan ngontrak di Jogja.

Artikel Populer