Ngontrak 1 Kamar Bareng Teman? Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan


Saat ini harga sewa kontrakan di hampir semua kota mengalami peningkatan yang sangat drastis. Bagi para pekerja dan mahasiswa ini tentunya menjadi salah satu masalah yang cukup berat dan memaksa mereka untuk memutar otak. Namun, tahukah Anda bahwa masih ada satu cara ampuh untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengontrak bersama teman. Mengontrak bersama teman ialah solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah biaya sewa kontrakan yang sangat mahal.

Mengontrak bersama teman untuk mengatasi masalah biaya sewa kontrakan ialah hal yang sangat tepat. Namun, untuk urusan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mengontrak bersama teman merupakan hal yang gampang-gampang susah. Untuk membuat Anda dan teman Anda merasa nyaman saat mengontak bersama, maka berikut ini ialah hal-hal yang perlu Anda perhatikan secara cermat.

Apa Saja Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Ngontrak 1 Kamar Bareng Teman?


1. Tempat tidur sesuai

Seperti yang kita ketahui, kontrakan untuk mahasiswa dan para pekerja biasanya berupa sebuah rumah dengan beberapa kamar dan ruang inti penting lainnya. Saat Anda mulai mengontrak bersama dengan teman Anda dan memutuskan untuk tinggal sekamar, maka yang perlu di perhatikan ialah tempat tidur. Tempat tidur atau kasur yang ada di kontrakan tersebut usahakan ada dua, yang mana satu untuk Anda dan satunya untuk teman Anda.

Memiliki tempat tidur sendiri akan membuat Anda lebih nyaman saat ingin beristirahat dan bersantai. Jadi, meskipun Anda berada dalam satu kamar dengan teman Anda, hal itu tidak membuat Anda merasa memiliki ruang gerak yang terbatas. Anda masih dapat menikmati waktu Anda di tempat tidur milik Anda sendiri.

2. Lemari tempat penyimpanan

Saat Anda memutuskan untuk mengontrak satu kamar dengan teman Anda, Anda pun harus mempertimbangkan lingkungan kamar yang ditempati. Usahakan dalam kamar tersebut Anda dan teman Anda mendapatkan masing-masing lemari penyimpanan. Hal ini memang sangat sepele, namun sadarkah Anda bahwa terkadang seseorang butuh untuk menyimpan privasinya. Salah satu contohnya ialah uang yang ingin Anda simpan di lemari.

Dalam hal ini, meskipun Anda mengontrak bersama teman Anda bukan berarti Anda dapat mempercayakan semuanya. Anda harus tetap berhati-hati dengan barang atau privasi lain yang Anda miliki.

3. Mengatur keperluan bersama

Saat Anda memilih untuk mengontrak berarti Anda sudah siap untuk mengatur segala keperluan Anda sendiri. Anda pun harus mampu mengatur keperluan sehari-hari dengan uang yang Anda miliki. Jika Anda tinggal di satu kamar dengan teman Anda di kontrakan, maka akan lebih baik jika kalian berdua mulai mengatur keperluan bersama.

Keperluan bersama seorang pekerja atau mahasiswa yang mengontrak bersama ialah pembayaran air, penggunaan listrik, air minum, dan lainnya. Jadi, sudah saatnya Anda dan teman Anda untuk mengatur keperluan bersama tersebut. Untuk meringankan pengeluaran masing-masing, maka yang perlu kalian lakukan ialah mulai iuran uang untuk persediaan semua kebutuhan sehari-hari yang digunakan. Anda bisa membagi sama rata tentang kewajiban iuran yang harus dibayar agar semuanya adil.

4. Membuat jadwal berbenah

Meskipun tinggal dalam kontrakan dan kamar yang sama, tidak menjamin bahwa setiap orang memiliki kesibukan yang sama. Terkadang kepentingan setiap orang pun berbeda-beda, oleh sebab itu membuat jadwal berbenah untuk orang yang ngontrak satu kamar sangatlah penting. Anda dan teman Anda harus membuat jadwal kapan saja harus membersihkan kamar kalian supaya tetap rapi dan bersih.

Mendapatkan kamar yang bersih merupakan suatu kebutuhan bersama bagi Anda dan teman satu kamar Anda. Jadi sudah sewajarnya kalian berdua harus saling bekerja sama dalam membersihkan dan merawat kamar kalian berdua. Ikutilah jadwal dan kewajiban berbenah yang telah kalian sepakati bersama agar tidak timbul rasa ketidakadilan.

5. Membuat perjanjian teman lain menginap

Bagi seorang anak rantau baik pekerja maupun mahasiswa tidak menutup kemungkinan akan kedatangan tamu atau teman yang menginap. Bagi Anda yang memiliki hubungan baik dengan tamu Anda pastinya akan mengizinkan mereka harus menginap. Namun, Anda harus ingat pula bahwa saat ini Anda sudah tinggal satu kamar dengan teman Anda.

Rasa canggung antara teman sekamar Anda dengan teman yang menginap pastilah ada. Maka dari itu, untuk menjaga rasa kenyamanan teman sekamar, Anda haruslah membuat suatu perjanjian waktu menginap teman lain. Hal ini tidak berlaku untuk Anda saja, bahkan saat teman sekamar Anda memiliki tamu lain yang menginap pun harus mematuhi perjanjian ini. Tips ini perlu diperhatikan untuk saling menjaga kenyamanan dan keamanan masing-masing.

6. Memiliki sifat saling percaya dan terbuka

Memiliki hubungan yang baik bagi teman kamar satu kontrakan merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya sikap terbuka maka Anda dan teman akan mudah mengungkapkan uneg-uneg bersama. Selain itu hal ini pun akan membuat hubungan kalian tidak canggung, malah justru akan membuat hubungan kalian semakin erat seperti saudara sendiri. Jadi Anda tidak akan pernah sungkan saat ingin meminta pertolongan pada teman sekamar kontrakan Anda.

Selain sikap terbuka, Anda dan teman sekamar kontrakan Anda pun harus memiliki sifat yang saling percaya. Memiliki hubungan yang saling percaya akan membuat Anda dan teman Anda akan saling bisa mempercayakan sebuah rahasia bersama. Jadi saat Anda memiliki sebuah masalah, Anda bisa curhat dengan teman sekamar Anda yang bisa Anda percayakan.

Mengontrak sekamar dengan teman ialah hal yang sangat menguntungkan. Selain Anda dapat menghemat biaya sewa kontrakan, Anda pun bisa mendapatkan teman bertukar pikiran saat sedang galau atau ada masalah. Meskipun demikian ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mengontrak bersama teman. Hal-hal di atas biasa Anda jadikan sebagai masukan terbaik sebelum memutuskan untuk mengontrak bersama teman.

Artikel Populer