7 Makanan Yogyakarta Super Lezat dan Harganya Murah

Yogyakarta terkenal dengan ikon-ikon beberapa tempat wisata budaya seperti Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Candi Prambanan, Taman Sari, juga tempat wisata bernuansa alam seperti Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Depok, Gumuk Pasir, Mangunan, dan masih banyak lagi. Dan yang tidak pernah ketinggalan dari daftar tempat yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Yogyakarta adalah Malioboro.

Malioboro merupakan kompleks pertokoan yang sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu, sebagai sentra jual beli bagi warga Yogyakarta. Bicara soal Yogyakarta, tak lengkap rasanya kalau tak bicara tentang kuliner khas daerah istimewa ini.

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang bisa dibilang paket lengkap, karena memiliki kekayaan budaya, kekayaan tempat wisata dan juga kekayaan warisan kuliner yang turun temurun dilestarikan hingga saat ini. Nah, berikut adalah daftar makanan khas Yogyakarta yang harus dicoba ketika berkunjung ke daerah istimewa ini.

1. Gudeg

Siapa yang tak kenal dengan nama masakan yang satu ini? Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran nangka muda dan telur ayam yang dimasak bersama santal kental, bumbu dan rempah serta gula merah. Makanan ini memiliki rasa manis gurih yang khas dengan aroma yang harum, yang pastinya akan membuat siapa saja yang mencium harumnya pasti tak sabar ingin menikmati makanan enak yang satu ini. Gudeg dapat dijumpai hampir di setiap sudut kota Yogyakarta, dan biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat dan teh manis.

2. Oseng Mercon

Yogyakarta tidak hanya memiliki makanan dengan rasa gurih dan manis saja macam gudeg, tetapi juga memiliki makanan khas yang bercita rasa pedas yang siap membuat mulut Anda kepedesan tapi membuat nagih siapa saja yang menyantapnya. Ya, namanya oseng mercon. Dinamakan oseng mercon karena rasanya yang pedas bagaikan meledak di mulut ketika dimakan.

Oseng mercon terbuat dari daging ayam atau daging kambing yang dipotong dadu kemudian dicampur dengan bumbu cabai dengan jumlah cabai yang sangat banyak. Oseng mercon dapat ditemui di pinggir-pinggir jalan dan selalu ramai oleh pengunjung.

3. Bakpia Patok

Nah, kalau tadi sudah dibahas makanan berat yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Joga, sekarang ada cemilan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis yang khas dan tentunya enak. Bakpia patok merupakan cemilan yang terbuat dari tepung yang diisi dengan kacang hijau kemudian dibakar. Rasanya yang manis sangat cocok dijadikan teman minum teh di sore hari. Ada banyak produsen bakpia patok di Yogyakarta dengan banyak varian rasa.

4. Krecek

Kalau makanan yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda yang tidak biasa mengkonsumsinya. Krecek adalah nama makanan yang terbuat dari kerupuk kulit sapi yang digoreng kemudian dimasak dengan cara ditumis bersama bumbu cabai dan rempah-rempah. Biasanya krecek dicampur dengan telur puyuh atau telur ayam, kemudian diberi potongan kacang kapri. Rasanya yang kenyal dan pedas sangat pas disajikan bersama dengan nasi hangat.

5. Cenil

Selain bakpia patok, Yogyakarta juga punya cemilan lain yang rasanya unik dan kenyal-kenyal, namanya cenil. Cenil adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk panjang-panjang dan dikukus. Setelah matang kemudian disajikan dengan parutan kelapa dan disiram juruh atau gula jawa yang sudah diencerkan. Penjual cenil masih terbilang banyak di Yogyakarta dan biasanya dijajakan dengan cara berkeliling.

6. Yangko

Selain cenil yang kenyal, ada juga yangko. Yangko lebih empuk dari pada cenil, berbentuk kotak dan diberi taburan tepung. Makanan ini bercita rasa manis dan banyak dijual di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Sate Klatak

Nah, kalau makanan yang satu ini khas sekali dari Yogyakarta dan populer berkat film AADC 2, namanya sate klatak. Dalam salah satu scene AADC 2 ini, Rangga dan Cinta menikmati sate klatak di salah satu pasar di daerah Yogyakarta. Sate Klatak terbuat dari daging kambing muda yang dibakar di atas arang. Diberi nama sate klatak karena ketika dibakar, sate ini berbunyi “klatak klatak” karena terkena arang panas.

Di atas adalah 7 kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Yogyakartakarta. Yogyakarta memang paket lengkap untuk Anda yang ingin menikmati wisata budaya, wisata alam dan wisata kuliner di satu kota.

Artikel Populer